Header Ads

Breaking News
recent

Rohis bukan teroris rohis itu manis


Bismillah
Assalamualaikum Wr. Wb

Sebelum menulis ini biarkan saya menyapa dan mendoakan kalian semoga Allah senantiasa merahmati dan meridhai tiap langkah jejak dakwah kita.

Panggil saja dia wahyu, usianya  12 tahun kala itu. Seorang anak laki-;alo yang pintar diusianya, sering juara 1 di sekolah dasarnya, sejak kelas 1 hingga 6, dia selalu ranking 1. Namun dibalik kelebihan seorang anak, terselip kekurangannya.

Wahyu tumbuh dan besar di keluarga yang dalam segala aspek kurang sama sekali, ekonomi, terutama agama saat itu. Selain dia jarang ikut ngaji-ngaji seperti teman-temannya yang notabene tinggal di perkampungan yang selalu ada surau tempat mengaji, juga Bisa dihitung berapa kali dia shalat, 2 x dalam setahun itu juga shalat ied adha dan fitri.

Wahyu anak yang pendiam, di sekolahnya nyaris tidak memiliki teman, dia tidak suka olahraga, terutama bermain sepakbola. Tiap istirahat sekolah pun dia hanya menghabiskan waktu di kelas bersama teman-teman perempuannya . karna pernah suatu hari bermain bola, dia selalu menjadi sasaran tendangan bola oleh teman-teman lainnya.

Wahyu yang pendiam lanjut ke SMP, di smp nya, sifat pendiamnya semakin bertambah, dan sempat dicap sebagai public enemy oleh teman-temannya, karna saking pendiam dan tidak mau bergaul dengan yang lain. Hingga suatu hari dia menjadi sasaran bully oleh seniornya, dan dalam keadaan seperti itu dia lebih memilih “cabut” sekolah daripada membicarakannya pada guru atau orang tuanya.
Beranjak SMA, wahyu yang pendiam mencoba berubah, di SMA kotanya dia tinggal merupakan salah satu SMA favorit, banyak ekskul menarik di SMA tersebut, menjajal ekskul mana yang dapat membuatnya aktif, dipilihlah ekskul Teater.
Sempat teman sekelasnya bilang, “yu, ikut rohis (rohani islam) yuk!”
Dia, “ah ngapain, isinya Cuma ngaji, gue lagi ngaji, iqro aja belum lulus”
Lalu temannya membalas, “kita belajar dari rohis yu”
Dia, “lo mau gue diketawain gabisa baca quran. Udah deh lo aja yang masuk rohis, gue ga mau deh masuk tuh ekskul, apaan masuk rohis, yang ada tiap hari gue bawa quran suruh ngaji, mending ekskul lain asyik”
Bujukan temannya tidak dapat membuatnya berkeinginan masuk ekskul rohis.
Hingga 6 bulan berlalu, wahyu yang pendiam kini berubah menjadi wahyu yang petakilan (riweuh) karna masuk ekskul teater. Dan pada sore harinya, saat istirahat latihan teater, seperti biasa saya duduk duduk di lorong sekolah , kebetulan lorong sekolah itu akses menuju mushola sekolah. Lewatlah 3 kakak kelas yang udah banyak tau mereka anak rohis.

Seseorang berkacamata dan dua teman nya satu berpeci dan satu lagi mengenakan topi SMA itu menghampiri saya, “Assalamualaikum, udah azan ashar masih aje duduk di lorong aje, ikut “bang ha” yuk ke mushola, kite mengeluh penuh cinte sama Allah, kite shalat ashar”
Bujuknya saat ini sembari bersalaman dengannya.

“hahhaa iya bang, nanti ya, masih pegel abis latian”

“bener ye nanti ye, bang ha tunggu di mushola atas.”

Tapi si wahyu malah pergi ke kantin.

Minggu berikutnya, saat istirahat latihan teater, si kakak kelas itu dateng lagi sambil senyum senyum aneh..
“waduh ente masih aje di pojokan, buruan yuk ikut bang ha shalat ashar”
“nanti deh bang, baru kelar latihan”
“udeh gada nanti-nantian, ikut aje dulu ke atas.”
Sesampainya di atas, di saat banyak yang mengambil wudhu, bang ha duduk dan mempersilahkan dia juga sembari menawari minuman yang dibelinya dikantin.

“nih nt kan haus, minum dulu biar badan pegel-pegelnya ilang, nih ane punya roti kalo nt mau. Abis ntu kite shalat yee, kan udah ga capekk”

Yah begitulah usaha yang dilalukan kakak kelasnya wahyu , hingga pada kelanjutannya, si wahyu jadi sering ke mushola, dan berpikir anak rohis baik ya. Belum pernah sekalipun ada orang yang begitu padanya. Nawarin minum, ngasih roti dan tiap nyuruh shalat dengan mengajak bareng-bareng dengan ramah ga ngejudge yang bikin takut atau males. Dilihatnya anak-anak rohis aktifitasnya ga ngaji aja, tapi ada belajar ngerjain pr bareng, diskusi dan lain lain termasuk mentoring (mental kotor disaring :D) itu yang membuat si wahyu yang pendiam itu meneteskan air mata. Ngaji adalah mata air dari segala aspek kehidupan, disaat kita dahaga maka minumlah, disaat kita butuh pencerahan maka tilawah lah~

Dan beberapa bulan kemudian walau sebenernya masih ada paksaan, si wahyu masuk rohis, namun paksan paksaan tersebut luluh juga, karna di rohis, wahyu menemukan titik balik hidupnya. Menemukan jati dirinya. Wahyu yang pendiam sadar hidup itu butuh teman, butuh diskusi dan butuh tilawah. Wahyu teringat salah satu pesan murrobi mentoringnya, “ada 3 hal yang hanya dibawa sebagai bekal di akhirat, yang lain-lain terputus. 1. Shodaqoh jariyah, 2. Ilmu yang bermanfaat, 3. Anak yang sholeh yang mendo’akan orangtuanya” di saat itu dia tertegun, dia ga mau menjadi anak yang durhaka, dia ga mau nanti orang tuanya masuk neraka karna dia yang jarang shalat ngaji dan berbuat kebaikan apalagi sampai tidak bisa mendoakan kedua orang tuanya. Dan saat itu mulai bertekad akan terus menjaga keistiqomahan iman islam dan ihsan ini.

Rohis itu bukan teroris, rohis itu manis. Banyak hal manis yang wahyu temukan di rohis, selain mengaji dapet ilmu yang bermanfaat juga persahabatan yang kelak akan menjadi cerita yang kan membuatnya muhasabah akan masa lalunya yang tak manis.

Dan siapa wahyu yang dimaksud, mungkin ada yang bisa menebaknya. hehehhe :)

Tulisan ini dibuat di,
Jakarta, 2 April 2013
Deni Wahyudi

No comments:

Powered by Blogger.